Header Ads

New Post

No tax , No Problem

Kita semua Tahu pajak adalah instrumen utama penerimaan suatu negara . Lalu apakah Mungkin  bila suatu negara tidak memungut pajak ?Jawabannya tentu bisa . Konsepnya akan sama seperti perusahaan yang tidak memungut pajak yang artinya negara tersebut harus melakukan bisnis Sebuah negara tidak hanya hidup dari pajak ada juga penerimaan yang bukan berasal dari pajak , yang di Indonesia kita kenal dengan PNBP  ( Penerimaan Negara Bukan Pajak ) . Selain Pajak suatu  negara dapat memperoleh pendapatan melalui BUMN , pariwisata , SDA , dll.
Apakah sudah ada negara yang tidak membebankan Pajak ? Jawabannya sudah ada .
Setidaknya ada 3 negara yang tidak membebankan pajak kepada orang pribadi maupun perusahaan .

1.  Kepulauan Virgin Britania Raya
     Mulai tahun 2015 , negara ini tidak memungut pajak dari orang pribadi maupun badan . Lalu dari manakah penghasilan negara ini ? dari Perusahaan Offshore . Perusahaan Offshore atau perusahaan tempurung yang merupakan sebuah perusahaan yang didirikan di Negara asing yang dugunakan sebagai cangkang rekening ( tempat menyimpan uang ) Kepulauan Virgina Britania Raya ini mendapatkan pendapatan melalui pembayaran lisensi
      perusahaan - perusahaan cangkang tersebut .

2.  Uni Emirat Arab
  Mungkin sudah bisa ditebak darimana pendapatan Negara Ini . Ya , tentu saja jawabannya adalah Minyak Mentah . Negara-negara Timur Tengah dapat hidup tanpa pajak melalui penjualan minyak mental mereka . Selain Minyak Mentah , UEA juga member lakukan Cukai  yang mahal untuk rokok dan minuman keras .

3.  Bahrain
     Hampir serupa dengan UEA , Bahrain mengandalkan Sumber Daya Alam Mereka sebagai sumber pendanaan menjalankan pemerintahan . Namun , Bahrain mewajibkan warganya membayar iuran kesehatan yang mired dengan BPJS Kesehatan yang ada di Indonesia.

4.  Bahama
   Negara di Kepulauan Carrbian ini mengandalkan sektor pariwisata dan pajak harang impor. Di Bahama , tidak dipungut pajak penghasilan namun warganya wajib membayar yang disebut " National Insurance " yang berupa fasilitas pelayanan sosial dan keamanan 

Lalu Apakah Indonesia bisa seperti contoh 3 negara di atas yang tidak memungut pajak dari warganya ??

Nampaknya tidak mungkin , alasan utamanya tentu  Indonesia tidak memiliki Sumber Daya Alam semelimpah Uni Emirat Arab , Bahrain atau negara - negara Timur Tengah lainnya . Lalu Indonesia memiliki wilayah yang sangat luas , penduduk yang banyak sehingga butuh anggaran yang besar pula untuk bisa membangun wilayas-wilayah yang Masih banyak tertinggal .Penerimaan negara sangat penting bagi keberlangsungan suatu negara dan untuk  mewujudkan kesejahteraan di negara tersebut , Pajak merupakan penopang APBN Indonesia , Oleh sebab itu dengan menciptakan masyarakat yang semakin taat pajak serta efektivitas anggaran oleh setiap pemegang kekuasaan kita patut yakin bahwa Kesejahteraan Bagi Seluruh Rakyat Indonesia adalah mungkin dan akan tercapai .

Tidak ada komentar