Header Ads

New Post

Hot Topics : Corona


Apa itu COVID-19 ?
Coronavirus disease atau Virus Corona adalah virus yang akhir-akhir ini menjadi viral . Awal mula Virus ini ditengarai berasal dari Pasar Hewan di Kota Wuhan China . Pada Maret 2020 , setelah beberapa waktu sebelumnya pemerintah mengumumkan Indonesia masih bebas Korona . Di umumkan langsung oleh Presiden Joko Widodo bahwa Virus Corona telah masuk ke Indonesia dengan 2 pasien yang di test positif Corona di daerah Depok , Jawa Barat . 

Efek Ekonomi COVID-19
Tentu saja negara yang paling terdampak adalah China . Nilai ekspor dan juga Impor China menurun akibat adanya Virus ini , dan IMF memprediksi pertumbuhan ekonomi China tahun ini akan menjadi yang terendah dalam 30 tahun. Pabrik-pabrik di China jelas menghentikan sementara produksinya , sebagai contoh Apple yang pasokannya agak terganggu dan perlu diingat bahwa China merupakan pemasok industry manufaktur terbesar di dunia yang memproduksi brand-brand besar dunia . Secara global PBB memprediksi investasi langsung luar negeri ( FDI ) akan menurun sebesar 15% .Sedangkan , pertumbuhan ekonomi diprediksi akan melambat antara 0,5%-1,5%

Corona di Indonesia
Saat awal diumumkan yang terjadi dan sangat terlihat adalah kepanikan di masyarakat yang diikuti dengan naiknya harga- harga barang tertentu . Masker , Hand Sanitizer menjadi langka diikuti dengan rempah -rempah dan segala macam yang dianggap mampu mencegah Corona . Dampak secara Makro nya adalah  jelas melambatnya laju ekspor Indonesia . Selain itu juga tertundanya beberapa event internasional maupun nasional . 

Redam dampak corona terhadap ekonomi
Untuk mengatasi dampak Virus Corona terutama di perekonomian , pemerintah akan memberikan insentif pajak khususnya Pajak Penghasilan ( PPh ) . PPh yang akan diberikan insentif oleh pemerintah ( ditanggung oleh pemerintah ) adalah 21 ,22 dan 25 dan insentif ini akan diberikan selama 6 Bulan yang direncanakan April . 
Pemberian insentif ini bertujuan utama menjaga daya beli masyarakat ditengah merebaknya Virus Corona yang tentunya berefek pada kenaikan harga-harga serta bagi dunia industry tentunya mengurangi beban impor bahan baku serta produksi . 

1 komentar: