Header Ads

New Post

Teori Struktur Modal

Teori Struktur Modal yang paling banyak digunakan adalah Teori Struktur Modal Modigliani dan Miller atau M&M Teori . Teori Struktur Modal Modigliani dan Miller menunjukan bahwa dengan asumsi kondisi ideal , maka level utang dalam struktur modal tidak berarti . Artinya apakah suatu perusahaan memiliki banyak utang , memliki sedikit utang , atau tidak memili utang sama sekali tidaklah berarti .

 

Asumsi Teori Strutur Modal Modigliani dan Miller. 

Teori Struktur Modal Modigliani dan Miller atau Teori M&M ini berdasarkan terhadapt dua asumsi yaitu : 

  1. Arus kas yang dihasilkan oleh perusahaan tidak dipengaruhi oleh bagaimana cara perusahaan dibiayai
  2.  Pasar Keuangan adalah Pasar Sempurna

 

Pasar Keuangan adalah Pasar Sempurna , maksudnya adalah kondisi pasar dimana sekuritas dipertukarkan tanpa biaya dan investor individu dalam meminjam uang dan meminjamkan uang menggunakan tingkat bunga yang sama dengan investor perusahaan . Menjelaskan juga bahwa kemasan arus kas , baik yang dibayarkan kepada investor dalam bentuk dividen maupun  bunga tidaklah penting .

 

Dari dua asumsi tersebut maka dapat kita simpulkan bahwa nilai perusahaan tidak dipengaruhi oleh bagaimana cara perusahaan melakukan pendanaan . 

Strutur modal sangatlah penting , karena akan menentukan masa depan suatu perusahaan . Oleh sebab itu pada kenyatannya pasti ada satu dari dua asumsi dalam Model M&M yang dilanggar . 

Tidak ada komentar